Bersepeda Itu Buat Sehat, Bukan Buat Caper

Saya sedang makan mie ayam yang gak enak-enak amat ketika keselek krupuk pangsit karena kaget membaca artikel instagram pagi ini: Gubernur Jakarta uji coba jalur sepeda di ibukota. Keren, okesip, mari simak lanjutannya.

Akun instagram @jktinfo memposting sebuah video yang menggambarkan jalan raya yang sedianya digunakan untuk para pesepeda tadi mulai digunakan para pemotor untuk melintas.

Sebagai netizen yang kaffah, setelah membaca judul, saya langsung membaca komentar sesama netizen, dan benar saja yang di serbu oleh para netizen yang maha benar tentulah para pemotor.

Dasar gak punya otak, makanya pake helm jangan di dengkul..” Kata netizen garis keras

Baru tadi pagi dilewatin Pak Gubernur, eh dasar dodolipet ni orang yak gemes jadinya gw 😑” Kata netizen bau politik.

Ga akan maju negeri ini jika masyarakat nya seperti ini” Kata netizen peduli masa depan.

Dan masih banyak lagi komentar netizen yang intinya pemotor pasti salah. Oya, saya bukan pemotor, saya benci motor dan saya pesepeda akhir minggu yang kadang-kadang juga ikutan bike to work yang lagi heits.

Apa para pemotor itu salah? Ada hal lain selain karena motor adalah kendaraan para dewa.

Gini gaes…

Yang digunakan oleh pesepeda nanti adalah jalanan satu aspal dengan para pemotor, pemobil, angkot, bus kota, bajaj, tukang ketoprak, kang cendol dan juga odong-odong. Namanya SAJAME, Satu Jalan Rame-Rame.

Sudah otomatis jika di dalam satu jalan itu ada pembatasan khusus satu jenis kendaraan maka akan mengambil jatah jalur kendaraan lain. Bayangkan jika itu di lakukan di jam kerja. Jalur normal saja macet apalagi ini ada pengurangan jalur khusus sepeda. Kalo kata Didi Kempot: Ambyar.

Lho kan busway juga ambil jalur normal om?

Busway itu kendaraan umum, kapasitasnya buanyak, dari orang kantor sampai copet. Busway memang peruntukan untuk rame-rame, gunanya agar orang beralih ke kendaraan umum.

Beda dengan sepeda, yang cuma untuk sendiri.

Selanjutnya, tentu saja kurangnya sosialisasi. Sepanjang menggunakan jalanan ibukota, belum pernah satupun saya dengar soal informasi akan adanya jalur khusus sepeda yang dibuka sepanjang hari, bahkan kendaraan yang lain akan di tilang jika masuk jalur khusus sepeda.

Terakhir nih ya, apakah para pesepeda itu juga akan dibebankan kewajiban seperti kendaraan lainnya? Apa itu? Pajak.

Lho kok? Ya iya lah, sepeda sudah mendapat eksklusifitas di jalanan, sepeda juga telah menjadi alat transportasi seperti hal nya motor dan mobil, kenapa gak boleh kalo misal, para pemotor meminta supaya ada persamaan hak antara motor dan sepeda? Bajaj aja bayar pajak.

Nah, apakah hal-hal ini sudah dipikirkan matang oleh pak Gubernur? Apakah juga bersepeda ini efektif untuk mengurangi kemacetan?

Mengingat bersepeda tidak baik dilakukan setiap hari dengan jarak lebih dari 20 km, sedangkan kebanyakan orang yang kerja di Jakarta rumahnya antara Depok, Bekasi dan Bogor, yang bahkan lebih dari 40 km.

Dengan jarak sejauh itu, bisa dipastikan hanya segelintir orang yang tahan bersepeda sekian puluh kilo setiap hari. Mari kita berpikir logis saja.

Jadi, ide ini kok menjadi sekedar ajang Gubernur cari perhatian saja ya, toh masih banyak yang perlu di benahi di Jakarta.

Bukan malah bikin program aneh-aneh atau cuma memperbesar solusi ganjil genap yang notabenenya hanya merupakan pengalihan kemacetan, yang gak ada bedanya dengan konsep 3 in 1 dulu.

“Oya om, bikin peraturan baru soal sepeda gitu, berapa ya duitnya?” Tanya Klobot iseng.

“Husssh!!”

Advertisements
About

Tukang Ngopi. “Kemampuan membaca itu sebuah rahmat. Kegemaran membaca; sebuah kebahagiaan.” ― Goenawan Mohamad Sila baca blog saya yang lain di http://srimayainvestment.blogspot.com

Posted in Humaniora
2 comments on “Bersepeda Itu Buat Sehat, Bukan Buat Caper
  1. Dyah says:

    Sebagai pengguna kendaraan umum dan pejalan kaki, saya tidak terlalu peduli dengan jalur sepeda. Toh pejalan kaki ada jalurnya sendiri. Tapi saya jadi penasaran, sebetulnya sebanyak apakah pengendara sepeda di Jakarta?

    Like

  2. Hastira says:

    memang serba salah ya, kalau sepedaan di jalan raya apalagi sekelas kota jakarta apa gak bahaya ya kalau gak ada jalur sepedanya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow laptop paijo on WordPress.com

Jangan lupa masukkan email anda disini ya

Arsip Tulisan
KURUSETRA

and the Bharatayuda within

The Second Avenue

Indonesia Street Photography

Shoot New York City Blog

Photo Tours & Street Photography Workshops

John Wreford Photographer

Words and Pictures from the Middle East & Balkans

Cerita Motivasi - Kumpulan Kisah Inspirasi Terbaik

Kumpulan cerita motivasi, kisah inspiratif, cerita bijak, kisah teladan. Bisa dijadikan renungan agar kehidupan menjadi lebih baik.

Ruang Baca

saya tak memiliki apapun, tak juga surga, tak juga neraka

khsblog :-D

Tulis, Telas dan Tulus...

Daun Woka

Berlarilah Mengejar Mimpi namun jangan sekali-kali berlari terlalu jauh dari sejarah

GAYOTAKENGON

Budaya kopi...Kopi budaya... heal and real..

Lazione Budy

'Saoirse' is not a word, it's angel

Gorboman Running

Mengulas hobi secara jujur dari sudut pandang orang awam.

George Lakoff

George Lakoff has retired as Distinguished Professor of Cognitive Science and Linguistics at the University of California at Berkeley. He is now Director of the Center for the Neural Mind & Society (cnms.berkeley.edu).

Rottin' in Denmark

Is this gentleman bothering you?

Emanuel Setio Dewo

Mari berkarya

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

ngalor ngidul ketemu kiblat

Berjumpa Hikmah dari Berbagai Arah (Sapi Betina 115)

leniaini blog

between thoughts and memories