Media Online Terfavorit 2018

Di era 80-90an saya ingat perkataan guru SD saya: “Jika kamu ingin melihat dunia, bacalah berita”. Sekarang di era milenial, saya ingat perkataan anonymus: “Jika kamu ingin mengikuti dunia, bacalah berita online”.

So, melihat banyaknya media berita online yang tersebar di Indonesia, saya jadi tertarik untuk melakukan survey kecil-kecilan. Awalnya kecil-kecilan, tapi kok lama-lama lumayan juga.

Yang bergabung di dalam survey sekitar 5000an orang, situs berita online yang di survey adalah situs berita online yang valid. Bukan media online hoaks atau yang terafiliasi dengan golongan partai atau lebih condong ke arah politik tertentu.

Untuk beberapa akan saya bahas dibawah ini.

Tirto.id

Tirto.id menjadi media online terfavorit 2018 versi survey saya tidaklah mengherankan. Tirto salah satu media online dengan konsep lengkap. Baik news / berita itu sendiri maupun opini dari penulis.

Yang saya suka adalah detailnya. Jika media lain hanya merangkum dan menulis dari fakta yang di dapat di lapangan, tirto menambahkan dengan analisa dan sumber lain yang menguatkan, dan inilah yang membuat tirto sebagai salah satu sumber pengetahuan, bukan cuma berita.

Meskipun disisi lain konsep tirto menjadi bias, menjadi tulisan opini ataukah murni berita. Tapi justru konsep bias itulah yang menjadikan tirto itu beda, antara berita, opini dan investigasi.

Tirto, nama yang diambil dari pahlawan nasional bapak pers Indonesia, Tirto Adhi Soerjo, yang pada masanya mendirikan surat kabar Soenda BeritaMedan Prijaji, dan Poetri Hindia juga pembentukan Sarekat Dagang Islam (SDI).

Tulisan yang membuat tirto melambung adalah “Investigasi Allan Nairn: Ahok Hanyalah Dalih untuk Makar” yang merupakan terjemahan dari artikel berita terbitan The Intercept berjudul “Trump’s Indonesian Allies in Bed with ISIS-Backed Militia Seeking to Oust Elected President”. Dimana didalam tulisan ini, tirto di tengarai terafiliasi dengan Edward Snowden. Luar biasa.

Tulisan lain lagi yang menarik saya pribadi adalah “8 Konglomerat Media di Indonesia via Jalur Media TV & Cetak”. 

Jika anda menyimak detail tulisan itu, anda bisa menebak-nebak, kemana arah media dan kemana arah politik yang bertiup. Diselingi kejutan bagi anda yang jarang mengikuti berita “serius”.

Tempo.co

Tempo memang menarik, khususnya berita investigasinya yang membuat dag-dig-dug kemana arah politik, bahkan kemana arah negeri ini. Mengikuti Tempo, seakan saya terlibat di dalam jalan cerita. Fokus Budi Gunawan ketika timbul pro kontra lalu itu sangat seru.

Mojok.co

Ini media satire khas anak muda. Tulisan opini, kritik, investigasi dan tak jarang konyol membuat mojok cepat melambung. Media berbau jawa (Mojok konon kependekan dari Mojokerto). Tulisan saya pun banyak yang terinspirasi dari media ini.

Tapi surprise aja, ternyata mojok masuk ke 11 besar media terfavorit hasil survey saya. Kirain yang baca itu-itu aja. He he.

Historia.id

Historia ini mencuri perhatian, awalnya saya hanya memasukkan 10 besar media online saja, tapi ketika historia muncul di nomor 11, saya lantas memasukkan dan merubah 10 besar menjadi 11 besar.

Ternyata masyarakat kita cukup banyak juga yang tertarik cerita misal, bagaimana misteri kematian Gajah Mada, atau sekedar kepo tentang peran ulama dalam kerajaan Islam di Nusantara. Cukup surprise karena banyak juga kawan-kawan yang tertarik pada sejarah. Sejarah memang harus ditulis ulang, dan mudah-mudahan bukan sebagai sentimen arah politik saja.

Ini hasil survey lengkapnya media online terfavorit 2018 versi blog ryo kusumo.

mediaonline favorit
Media Online Terfavorit 2018
Advertisements

Author: ryokusumo

Seorang part time blogger, part time engineer, part time runner dan full time ayah dari dua gadis yang wonderful. Salah satu penghuni pinggiran Banjir Kanal Timur, yang tertarik pada humanisme, sejarah, investasi dan politik. Anda bisa membaca blog saya yang lain di http://srimayainvestment.blogspot.com

2 thoughts on “Media Online Terfavorit 2018”

  1. Kalo aku kadang2 aja baca berita mas. Itupun aku ambil what-nya saja. Hampir tiap minggu minimal sekali baca jawapos. Sudah trauma sama opini yg akhirnya diarahkan oleh kepentingan2 dibalik media. 😂

    Like

  2. memang bahasan di Tirto.id sangat bagus dan relevan yah mas, banyak riset yang di ambil dari berbagai buku untuk menguatkan bahasan yang sedang di ulas. ketimbang viva, sudah bacanya setengah-setengah karena harus pindah halaman, juga kadang beritanya kurang menarik.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.