Inilah Hasil Survey Toko Online Terbaik 2017, Ternyata Adalah..

cara-mendapatkan-uang-dari-internet

Tulisan perdana di 2018. 2017 sudah terlewati, apa yang paling mencolok dari sisi bisnis di 2017? Salah satunya adalah persaingan e-commerce toko online yang “berhasil” mematikan banyak sektor konsumsi riil, seperti tutupnya banyak gerai glodok dan terhentinya operasi beberapa gerai Matahari, bahkan Debenhams. Dan persaingan tertinggi e-commerce berada pada segmen konsumsi apapun itu bentuknya, sehingga toko online yang bisa menawarkan one stop shopping alias Palu Gada (Apa Lo Mau, Gua Ada). Nah, itulah yang paling di cari.

Di Indonesia, ada lebih dari 15 perusahaan e-commerce one stop shopping dengan tujuh yang terbesar, yaitu Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli, Mataharimall, Elevania dan yang paling muda yaitu JD.id.

Semuanya menawarkan konsep yang sama, sehingga yang menarik untuk disimak adalah feed back dari para konsumennya sendiri. Dan disini saya mencoba melakukan survey kecil-kecilan dimana responden sekitar 1200 orang via sosial media dan tatap muka, soal mana e-commerce yang paling (most) di 2017 berdasarkan kategori.

1. Indonesia Online Store Most Google Search 2017

Kategori ini saya letakkan pertama, karena google-able adalah keharusan dan sebagai pendukung penuh kelangsungan hidup e-commerce itu sendiri. Misal saya dan konsumen lain ketik “Tupperware murah” di google, nah mana toko online yang paling terdepan menampilkan produknya, dialah yang masuk hitungan.

1

Kategori ini bersaing ketat namun mayoritas responden memilih Tokopedia dan Bukalapak sebagai most google search 2017.

2. Indonesia Online Store Most Visit 2017

Kategori toko online yang paling sering dikunjungi di 2017 oleh responden, eits tapi belum tentu beli, bisa jadi karena ada promo yang menarik atau hanya iseng cek produk.

2

Terlihat Lazada di peringkat teratas, beberapa alasan responden adalah promo Lazada cukup menarik untuk sekedar di klik, dan seringnya iklan Lazada atau Tokopedia bersliweran di page setiap blog atau website, sehingga bikin penasaran.

3. Indonesia Online Store Most Transaction 2017

Nah, ini kategori terpenting, most transaction atau responden paling banyak transaksi adalah membuktikan toko online mana yang paling di percaya dan memiliki produk-produk yang menarik dan dibutuhkan masyarakat.

3

Diluar dugaan saya sebelumnya, ternyata Tokopedia ada di peringkat pertama. Yang awalnya saya kira Lazada. Bahkan dari polling di Instastory, Tokopedia mengantungi 54% pilihan dan Lazada sisanya.

Dari beberapa responden yang saya tanyakan alasan, kenapa memilih di Tokopedia karena apapun barangnya ada, iklannya banyak, seller terpercaya, sistem pembayaran yang mudah. Memang harus diakui barang di Tokopedia dari kaos kaki Miki Mouse, bayar token PLN sampai Compressor Mercy Tiger pun ada.

4. Indonesia Online Store Most Complain 2017

Ini survey iseng, tapi punya daya pengaruh yang kuat. Mana toko online yang paling sering di komplain? Ini jawabannya.

5

Ternyata Lazada paling banyak di komplain dengan 30% responden memilih. Mayoritas mereka komplain soal barang yang terlambat dikirim, barang tak sesuai pesanan dan cacat produksi.

5. Indonesia Online Store Most Shining 2017

Ini pandangan responden, mana toko online yang akan bersinar di 2018, dilihat dari sisi ketertarikan terhadap ciri khas toko, kepercayaan dan kelengkapan produk.

6

JD.id menempati peringkat pertama untuk pilihan responden mana toko online yang bakal bersinar di 2018. Alasan mereka pertama karena JD.id menjamin orisinalitas barang, ada jaminan barang itu asli dengan mengembalikan uang utuh jika barang itu palsu.

Ini berbeda dengan Tokopedia, Lazada dan Bukalapak yang tidak secara eksplisit menjelaskan tentang keaslian barang, karena banyak juga barang KW yang dijual disana.

Kedua, karena iklan JD.id yang cukup masif di televisi dan semua seller di JD.id dijamin sehingga tingkat kepercayaan responden meningkat.

Untuk Mataharimall, karena iklan, mereka berhasil menaikkan penjualan di 2017 ini secara signifikan, tampilan web yang mudah, banyak diskon dan bisa cicilan membuat Mataharimall tampil meyakinkan di 2017.

Lalu untuk kedepannya, hal apa yang paling dicari konsumen online shop untuk memilih toko online? Ini jawaban mereka, saya urutkan dari poll terbanyak.

  1. Banyak diskon (termasuk gratis ongkir)
  2. Barang lengkap
  3. Keamanan pembayaran dan no tipu-tipu
  4. Banyak seller untuk barang yang sama, sehingga ada pembanding
  5. Kepastian barang original (untuk barang elektronik)
  6. Kerjasama dengan banyak bank, terkait cicilan kartu kredit
  7. Bisa cicilan 0%
  8. Tampilan web simple dan mudah
  9. Kecepatan respon seller dan toko online itu sendiri
  10. Wajib ada keterangan seller dan peringkat seller

Tentu saja (lagi-lagi) hasil diatas tidak valid, hanya sekedar survey kecil, tapi menurut saya bisa sekedar benchmark untuk pemilihan toko online dan studi jika kita suatu saat ingin membangun start-up e-commerce.

Dan ini, top performing toko online yang di lansir dari http://tekno.liputan6.com/read/3068210/ini-10-toko-online-terbaik-di-indonesia.

Agak berbeda dengan survey, salah satu penyebab adalah metode yang digunakan, kalau saya direct ke konsumen, kalau yang di bawah mungkin memakai software khusus untuk menghitung statistik web.

Advertisements

10 thoughts on “Inilah Hasil Survey Toko Online Terbaik 2017, Ternyata Adalah..

  1. Aku belum pernah nyoba belanja di jd id. Kalau aku, pemilihan blanja di mana, lihat jenis barang 😀
    Review penting juga^^ alhamdulillah blm pernah bermasalah dgn belanja online

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s