Cara Cepat Menghasilkan Uang di WordPress

Lusa kemarin saya bertemu dengan beberapa kawan blogger dan berdiskusi sedikit tentang adsense blog. Jujur saja, saya hingga tiga tahun ngeblog baru setahun belakangan hobi saya ini bisa menghasilkan uang baik di platform menulis Kompasiana maupun di blog WordPress. Sedikit berbeda dengan kawan-kawan lain, singkat cerita, jalur saya ini tidak ribet dan cepat. Cekidot.

Yah, meskipun hasilnya belum banyak, tapi lumayan uang dari blog bisa dipakai untuk jajan mie ayam, sekeluarga. Heuheuheu.

Menulis Viral

Saya memulai kegiatan menulis via Kompasiana, dengan tulisan yang lebih condong ke Politik. Disitu saya suka memakai bahasa sarkas atau satire, dan yang cukup banyak di share bahkan sempat masuk 1st trending topic twitter adalah tulisan ini. Disitu saya sampai di telpon oleh tim Mata Najwa MetroTV untuk bisa hadir di Mata Najwa edisi anak Presiden. Sayang saya tidak bisa hadir.

Dari situ, saya mulai mendapat centrang biru dari Kompasiana dan mulai mendatangkan cukup banyak kegiatan menulis, baik dari Kompasiana maupun dari produk diluar media (saya suka jika menerima review hotel liburan atau apparel olahraga, siapa tahu juga electronic, heuheuheu..).

Khusus untuk produk diluar media, saya menggunakan platform WordPress, dan ternyata simple meskipun kamu tidak memakai WordPress berbayar alias WordPress gratis, karena yang ditekankan adalah Produknya. Sekali lagi, produknya. Bagaimana tulisan kamu itu jauh lebih penting.

Iseng-iseng Review Produk

Ini salah satu trik supaya blog kamu cepat dilirik dan diterima oleh si pengiklan. Meskipun kamu belum pernah di endorse sebelumnya, coba saja iseng review produk yang sekiranya kamu suka. Inget ya, ini dilarang terpaksa alias harus betul-betul yang kamu suka saja, karena dengan kamu suka, tulisan kamu akan tampak berbeda jika kamu sukanya setengah-setengah dan hanya untuk kepentingan uang semata.

Iseng-iseng inilah yang akhirnya membuat para pembuat produk melirik kamu, ibaratnya iseng-iseng tadi sebagai CV unofficial kamu, bagaimana cara kamu mempresentasikan produk dan membuat bahasa itulah yang membuat kamu bisa (minimal) dilirik.

Coba saja review misal produk mie instant. Kalau terlalu cetek, bolehlah review mobil kamu yang terus menerus kamu cicil hingga kamu awet menjomblo, atau review pacar juga boleh.

Konsisten

Ini sih basi, semua blog menulis tentang ini, bahkan Kim Jong Un dan Donald Trump pun pasti menulis yang sama jika ditanya apa kunci suksesmu.  Tapi bener deh, it works. Konsisten ini membuat blog kamu lebih mudah di approve oleh pengiklan, bahkan kunci google pun ada di kata ini. Konsisten.

Saya konsisten? Ehm..doain aja.

Apply Via ACCESSTRADE

Ini dia media publisher buat kamu yang pada akhirnya mentok mau ngapain lagi. ACCESSTRADE menawarkan sebuah cara cepat untuk kamu para blogger terhubung dengan pengiklan alias para pemilik produk.

Accesstrade adalah platform afiliasi asal Jepang yang sudah hadir di Indonesia sejak tahun 2013. Fungsinya ACCESSTRADE adalah sebagai penghubung antara pemasang iklan dengan pemilik website yang ingin memasang iklan di web/blog nya. Nah di ACCESSTRADE ini memberikan komisi kepada pemilik website dari setiap transaksi yang terjadi. Menarik kan?

Yang paling menarik, di Accesstrade ini tidak dilihat apakah blog mu itu pakai platform berbayar ataukah gratisan. Pengalaman saya pun memakai ini dengan WordPress gratisan. Sepertinya yang Accesstrade lihat adalah traffic dan ke-aktif-an kamu ber-blogging. Tak masalah ranking alexa berapapun, yang penting blog kamu aktif.

Caranya sangat-sangat mudah. Pertama, kamu segera akses ke ACCESSTRADE, lalu buat akun di sana, dan segera register blog kamu DISINI. Ikuti aja perintahnya. Setelah itu kamu diminta tunggu email konfirmasi dari ACCESSTRADE.

Setelah mendapat email dari ACCESSTRADE kamu tinggal ikuti saja perintahnya, login dan kamu akan masuk ke halaman seperti ini.

access2

Di menu available campaigns, berisi daftar perusahaan yang ingin memasang iklannya di blog. Cermati list-nya. Disini enaknya kamu bisa memilih sendiri perusahaan pemasang iklan yang cocok dengan kamu. Ada beragam corak kehidupan disana, dari mulai fashion, lifestyle, liburan, elektronik, olahraga atau perabot rumah tangga, tinggal kamu klik apply.

Affiliated campaign berisi daftar pengiklan yang sudah approve kamu sebagai publisher mereka, applied campaign isinya list pengiklan yang sudah kamu apply dan rejected ya yang me-reject kamu sebagai publisher.

Oh ya jangan lupa lihat detail penawarannya. Biasanya si pengiklan mencatumkan penawarannya. Ada yang kita dibayar persentase jika produknya ada yang beli dari hasil klik blog kamu, atau ada yang mencantumkan rupiah.

Nah, simple kan? Simple banget, kalau sudah apply, tinggal tunggu blog kamu di approve atau tidak. Dari cerita kawan-kawan sih jarang blog kamu ditolak, kecuali blog kamu terafiliasi dengan politik, hoax atau banyak copy paste. Yang kayak gini emang susah mau di approve dimanapun juga.

Kalau sudah di approve, kamu cek lagi, dan siap posting di blog atau pasang banner di widget WordPress kamu, dengan cara add new widget dan copy paste kode html “banner” yang tertera di ACCESSTRADE.

Nah, selamat cari duit di WordPress, gaes.

Advertisements

15 thoughts on “Cara Cepat Menghasilkan Uang di WordPress

  1. Halo. Seorang teman memberikan link blog ini saya bisa ke blog anda, setelah saya baca-baca ternyata postingan-postingannya
    cukup informatif dan banyak isi yang sangatlah banyak manfaatnya.
    Mohon Izin ikut komen dann share beberapa tulisan ke sosial media saya ya sekalian biar blog ini
    semakinn banyak pembacanya. Mudah mudahan selalu diupdate terus ya blognya.Terija Kasih,
    Salam

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s