Mama, Izinkan Aku Berhijab

jilbab-dailylife-com

Di siang itu, Dini sedang mematut-matutkan wajah di cermin besar ruang tengah rumah, hanya ada dia dan ibunda yang ada dirumah saat itu. Tangannya sigap merapikan, membelit dan mengikat jilbab ungu yang baru dibelinya.

“Mamaa…aku cantik gaak?” Dini berputar dari cermin dengan wajah ceria, maklum baru beberapa hari ini dia mantap memakai hijab.

Sang mama hanya terdiam.

“Mamaa, aku kan nanya…aku cantik gak pake hijab? Kok mama malah bengong”

“….Nak..apa harus kamu memakai jilbab?” Tanya sang ibunda.

“Ya iya donk ma, jilbab atau hijab itu adalah syarat bagi muslimah, kenapa sih mah, mama nanya gitu lagi?”

“Lepas jilbab itu nak!”

“Apaan sih mah?! Jilbab itu hidayah bagi muslimah mah! Wajib!”

Sang ibunda pun terduduk, wajahnya merah antara menahan marah dan tangis..

“Udah deh mah, Mama gak usah ngurusin Dini. Selepas Papa gak ada Mama mulai reseh sama Dini..bukannya Mama juga dulu mantep nikahin Papa walau beda agama, dan Mama akan selalu menghormati Islam apapun dan dimanapun itu..tapi..jilbab Dini selalu mama buang dulu”

Tangis ibunda pun pecah..

“Mah, dari lahir Dini udah gak pake jilbab, di Australi juga Dini bebas mah, jangankan jilbab, sholat wajib pun Dini belum sanggup dulu, tapi sekarang Mah..ini hiday..”

“Cukup..Cukup!!” Teriak sang ibunda, sambil terisak beliau mengambil tissue di atas meja.

“Apa Mama fobia terhadap Islam Ma?” Tanya Dini melembut.

“Bukan nak..” Sang ibunda masih dengan tangisnya.

“Lalu apa Ma..apaaa?? Jelaskan ke Dini sekarang, kenapa Mama benci sekali dengan jilbab?!”

Sang ibunda perlahan mengambil tissue kembali, mengusap air matanya yang seakan tak terbendung.

“Karena…karena..” Ujar sang ibunda terbata.

“Karena apa mah??”

.

.

.

“Karena kamu laki-laki nak..kamu laki-laki.!!..”

 

Advertisements

2 thoughts on “Mama, Izinkan Aku Berhijab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s