Engineer Jadi Operator, Gak Malu?

chinmiSaya termasuk pensiunan pembaca Kung Fu Boy yang kaffah, alias sudah mencapai umur matang manggis untuk sekedar menikmati tendangan Chinmi yang legendaris.

Tapi saya termasuk kinyis untuk selalu ingat adegan pertarungan Chinmi dengan sahabatnya Sie Fan, sang ahli tongkat di episode awal komik Kung Fu Boy.

Singkat cerita, Chinmi yang ahli bertarung tangan kosong ini harus mengakui kehebatan ilmu tongkat Sie Fan, berapa kalipun pertandingan diulang, Chinmi pasti kalah.

Chinmi hampir mati penasaran, hingga pada suatu malam Chinmi mendapat dua Kutu dari guru Sie Fan, yang satu Kutu bebas dan yang satu lagi di dalam sebuah kotak. Kutu yang sama jenisnya, yang membedakan adalah jangkauan lompatannya.

Kutu yang bebas, memiliki lompatan yang jauh lebih tinggi dari Kutu yang ada di dalam kotak. Kutu yang didalam kotak selalu kejedut tutup kotak setiap kali dia melompat, berbanding terbalik dengan Kutu yang bebas tanpa kotak.

Chinmi merasa di dalam kotak, dia tidak bisa berkembang jika merasa diri sudah puas dan tidak melakukan hal yang lebih dari yang selama ini dia lakukan. Setelah Chinmi sadar, sang guru pun membuka pintu padepokan lebar-lebar, dan apa yang dia lihat?

Di tengah malam itu, Chinmi melihat Sie Fan masih berlatih tongkat tanpa lelah, Sie Fan rela memangkas waktu istirahatnya demi berlatih ilmu tongkat berpilin. Sie Fan yang polos, menjadi demikian hebat.

chinmi6

Akhirnya, Chinmi pun mengakui kelemahannya hingga dia berlatih lebih gila, dan pada akhirnya Chinmi pun bisa menahan seri Sie Fan.

Cerita di atas sih luar biasa bagi saya, dan harusnya bagi kawulo muda semua. Dan hari ini, saya boleh sedikit berbangga setelah template minute of meeting di tempat saya nguli disetujui.

Lho, MOM? Engineer bikin template MOM?

MOM yang sepele,  isinya cuma no, item description, action by, PIC dan date required. Semua orang pun bisa, tapi gak semua orang punya keberanian untuk merubah template lama yang jadul menjadi lebih modern dan enak dibaca.

Disini saya menjadi operator, menjadi admin.

Sama halnya ketika seorang mechanical engineer yang seharian menghitung kapasitas pompa, tapi gak pernah me-running pompa itu sendiri, atau electrical dengan beratus lembar single line diagram tapi gak mau pasang lampu, apalagi jadi admin.

Gak semua orang berani untuk bertindak, apalagi itu diluar job desc-nya. Do you think that your job desc is protect you? Totally wrong, job desc is just restrict you from beyond your limit.

Ah, engles-engles yang dipaksakan, supaya terlihat artsy. Itu pikirmu, pikirku tidak.

Engles-engles itu hanyalah sebuah upaya optimasi bahasa dari susunan elemen berdialek ndeso menjadi “biyon nde limit”.

#laifgols

quote-your-limits-are-somewhere-up-there-waiting-for-you-to-reach-beyond-infinity-henry-h-arnold-77-75-09

Advertisements

4 thoughts on “Engineer Jadi Operator, Gak Malu?

  1. Pingback: The Intern, Feminisme dan Good Life | Ryo Kusumo

  2. Pingback: Sinopsis The Intern; Feminisme dan Good Life | Ryo Kusumo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s