Sosmed Mu, Nasib Mu..

Sosmed Mu, Nasib Mu..

skimming3-571c486f799373c5043a0a6bBelakangan ini kok rasanya semakin jelas saja bahwa teori “bersihkanlah hatimu dan lihatlah kebaikan orang lain”, hanya sekedar teori. Toh, tetap saja manusia akan lebih mengingat keburukan orang lain daripada kebaikannya.

Kasus seorang kawan di twitter yang menghina Gus Mus dengan kata-kata “ndasmu”, seakan mematikan pribadi seorang Pandu yang sebetulnya. Jika dilihat dari beberapa twitter dan sosmed lainnya, dia adalah orang yang baik. Masih bajingan saya mungkin.

SP3 di BUMN adalah kata lain dari mati karir. Bayangkan, kebaikan yang dia pupuk bertahun-tahun harus musnah dalam hitungan detik, akibat sosmed. Mudah sekali orang men-judge kan? 

Itulah mengapa saya tidak bosan-bosan mengingatkan bahwa nasib kita saat ini ditentukan oleh seujung jari jempol. Karena dasarnya memang keburukan kita, sekecil, secuil dan secepat apapun kejadiannya, akan menjadi memori sepanjang masa.

Contoh lainnya adalah Ahok, meskipun dengan prestasi yang menjulang yang saya rasakan sendiri untuk pembangunan Jakarta, beliau harus tengkurap, elektabilitas merosot, karena perkataannya yang tak lebih dari 2 menit di pulau seribu, diedit dan di share ke sosmed, yang tak lebih dari 5 detik.

Mungkin di masa mendatang Ahok bukan lagi dikenang sebagai gubernur yang membangun kawasan terpadu anak atau pelaksana bus Transjakarta yang progresif, tetapi akan dikenang sebagai target demonstrasi 411, dikenang sebagai gubernur yang kontroversial. Sayang sekali.

Itulah nasib. Nasib baik atau nasib buruk hanya dalam hitungan detik. Tentu kita tidak bisa mengontrol penilaian orang lain. Tugas kita adalah mengolah kebaikan kita, terus dan terus. Termasuk share berita di sosmed dan buat status.

Oya, untuk sosmed saya mendukung UU ITE, kita sudah kebablasan.

Atau karena memang kita yang hidup di alam hyper realitas?

Advertisements

2 thoughts on “Sosmed Mu, Nasib Mu..

  1. Pingback: Tahun 2017, Tahun Turn Back Hoax | Ryo Kusumo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s