Mampir Pontianak, Enaknya ya Ngopi..

Mampir Pontianak, Enaknya ya Ngopi..

file_000-1Mampir kesuatu daerah adalah kesempatan bagi saya untuk bisa mencicipi cita rasa kuliner daerah tersebut. Terutama kopi. Kopi adalah dewa. Zat paten yang hanya kamu temui di dunia.

Dan di Sintang, Kalimantan Barat ini, saya menemukan kopi yang nikmat, sebut saja kopi Sintang. Uniknya tempat menikmati kopi Sintang yang enak tidak hanya terpusat di satu warung kopi, tapi justru tersebar di banyak tempat. Baik di warung kopi kecil, restoran, di kantor bahkan di Hotel yang kebanyakan menyediakan jenis kopi ala nescafe.

Kopi Sintang ini ternyata di supply dari Pontianak dan berjenis robusta, jenis kopi yang justru tempat tumbuh terbaiknya adalah di dataran yang lebih rendah (400-700 dpl) dengan suhu rata-rata 24° C. Sangat cocok untuk tumbuh di pedalaman Kalimantan yang suhunya lebih hangat dari pulau Jawa.

Saya lebih suka robusta, kenapa? Karena saya kurang suka rasa asam pada arabica, toh hidup sudah asam, kenapa harus mengasamkan kopi?

Robusta, punya tekstur yang lebih tebal, jika bubuk dia tampak lebih kasar dan ketika disesap robusta memiliki rasa yang mirip coklat, tebal dan lebih berani. Rekomendasi untuk yang mau menghadap mertua. Dan bagi saya, kopi robusta Pontianak adalah salah satu yang terbaik.

Olahan andalan saya adalah, memasukkan bubuk kopi disaat air mendidih masih dijerang, diaduk ketika api masih menempel pada panci. Aroma yang keluar jangan ditanya, mantan mu saja akan balik lagi, untuk ngopi…

Nah, tanpa bermaksud advertising, ini contoh kopi Pontianak yang sempat saya beli di bandara Supadio Pontianak, sebelum balik ke Jakarta ketika transit dari Sintang…heu heu heu..

kopi-pancong1

 

Advertisements

One thought on “Mampir Pontianak, Enaknya ya Ngopi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s