Indeks Google Soal Ahok dan Melihat Cara Kerja “Click Farm”

clicks

Menarik mencermati google trend kemarin, akibat perkataan Anies Baswedan yang menyatakan “Sebagai contoh, sekarang sungai-sungai bersih bukan? Programnya dirancang tahun 2009 oleh Pak Fauzi Bowo, lalu dilaksanakan di akhir pemerintahan Pak Fauzi Bowo…” menjadi viral.

Pernyataannya telah membuat ribuan netizer menyerbu google sambil mengetik kalimat kunci “sungai bersih karena Foke“.

Tapi apa yang terjadi, mbah google justru menampilkan satu baris di kolom saran; did you mean: sungai bersih karena ahok. Kata “foke” berubah menjadi “ahok”. Anda bisa coba dan hasilnya seperti ini:

1

Secara terang-terangan mbah google sudah seperti mendukung Ahok, kalau google sudah mendukung, artinya semesta mendukung. Tapi apa memang demikian?

Ada tulisan yang mencerahkan dari bung Hilman Fajri soal cara kerja google membaca kata pencarian. Akan sedikit saya ulas disini.

Pertama, kata kunci terkait kalimat diatas ada tiga, yaitu; sungai, bersih dan Ahok. Google secara terstruktur menggunakan dua cara untuk menyaring dan membuat database, yaitu dengan cara crawling dan indexing, apa itu? Silahkan anda googling.

Intinya, google selalu crawl (merayapi) dan melakukan indeks (pengaturan) untuk setiap artikel yang muncul di media online baik itu berita nasional maupun blog dalam rentang waktu lama dengan frekuensi konstan.

Kita tahu, dalam rentang waktu enam bulan terakhir saja, berapa jumlah kata “ahok” yang muncul di dalam berita hampir setiap hari? Apalagi menjelang Pilkada. Pun secara alur google, sebenarnya Ahok sudah jadi google trend semenjak jadi Wagub DKI dulu. Jadi jangan heran.

Di tambah berita soal pembersihan sungai yang selalu berkaitan dengan ahok, terutama Ciliwung, yang menuai banyak haters. Tahukah anda, semakin haters menghina dan menulis soal Ahok, semakin google bekerja dan bekerja, semakin lama kata “ahok” semakin ter-crawling secara mapan.

Artinya, google otomatis sudah membaca dan mengatur kata “ahok” dan “sungai” secara konsisten. Haters hanya membuat sistem artificial intelligent (kecerdasan buatan) yang ada di google soal ahok semakin sempurna. Bagi yang mengerti SEO, tidak akan heran bertemu dengan yang beginian.

Yang kedua, saya mencoba kalimat lain: “Planet mars bersih karena foke”, muncul hal yang sama, mbah google menyarankan “Planet mars bersih karena ahok“.

2

Apakah ada kaitan planet mars dengan Ahok? Tidak ada, begitupula dengan Foke. Yang berkaitan adalah antara Foke dengan Ahok. Disini, terjadi penyimpangan indeks antara kata “foke” yang di bajak oleh kata “ahok”. Mari kita uji coba lainnya:

3

Begitu saya ganti kata Foke dengan Obama, tidak ada saran dari google. Artinya, yang di tuju hanyalah kata-kata “foke”. Kita persempit kata kunci disini. Kita bisa coret kata kunci “sungai” dan “bersih”. Hanya ada satu kata kunci: Foke

Bagaimana kata “foke” tadi di ganti?

Pertama, ketika kita mengetik apapun soal Foke (terutama masalah sungai), kemungkinan muncul juga berita soal ahok di bawahnya, jika page soal ahok yang di klik maka otomatis google akan me-refresh kata kunci pencarian kita tadi. Ahok terindikasi lebih populer ketimbang Foke, simpel.

Dan jika ini dilakukan berulang-ulang, konsisten dan masif, maka akan sangat mungkin jika google akan mensubstitusi kata kunci “foke” yang kurang diminati (karena tidak di klik) menjadi “ahok” yang lebih diminati.

Cara cepat lain yang banyak diminati oleh para buzzer adalah melalui click farm.

Apa itu Click Farm?

Nah, pernah nonton mini seri HBO Sillicon Valley? Di satu episode, Pipe Pipers perusahaan start up yang lagi jatuh bangun, terlihat menggunakan “pasukan klik” yang bermukim di Bangladesh untuk menaikkan popularitas. Tugas utama pasukan satu, yaitu membuat akun baru di website Pipe Pipers, ribuan akun bahkan jutaan.

Dah, silahkan nonton dulu videonya di Silikon Valley – Click Farms

Click farm adalah bisnis mengelompokkan sejumlah orang yang dibayar khusus untuk menaikkan rating suatu website, fanpage dan blog pada ranking di mesin pencari (google, yahoo, bing, dsb) dan biasanya akan selalu muncul di top 5 daftar pencarian begitu kita mengetik satu kata kunci.

Cara yang digunakan click farm untuk menaikkan rating ada beberapa, diantaranya:

  1. Dengan melakukan klik terus menerus pada page yang mentautkan kata kunci.
  2. Membuat akun tuyul atau apapun namanya dan melakukan like ke page facebook secara masif. Bukan hanya facebook, tapi juga twitter, Linkdin, Google + dsb, tentunya yang berhubungan dengan kata kunci.
  3. Membuat link tautan, topik dan tulisan di blog atau platform media online yang selalu mengarah ke kata kunci.Dan beberapa cara lagi yang mudah-mudahan ada yang mau berbagi ilmu.

Pusat dari click farm ini berada di Bangladesh dan India, menurut Sharaf al-Nomani (pemilik Shareyt’s), 30-40% klikers berasal dari Bangladesh. Mereka di gaji murah 1-3 USD untuk 1000 akun/likers.

Cocok untuk para lulusan baru sambil cari kerja atau orang yang ingin kerja tidak terikat, atau pengangguran yang melek internet. Buat kamu-kamu yang suka hoax juga cocok, hehe.

Bahkan baru saja saya mendapat tautan iklan dari CLICKMONKEY yang pasang harga 1 USD per 1000 klik, wow!

Apakah cara ini legal? Tidak bisa dipastikan juga, tetapi secara logika, menaikkan popularitas di dunia maya sah-sah saja selama tidak ada yang dirugikan. Toh kalaupun ada yang merasa dirugikan itulah facebook, itupun jika melalui facebook (akun palsu), bukan google. Apalagi kita.

Tulisan ini bukan berarti menuduh bahwa tim cyber Ahok-Jarot memakai cara ini, ini hanya kemungkinan, kemungkinan yang sama juga untuk tim cyber calon lain, ini sekedar utak atik gathuk. Setiap tim kampanye pasti punya beragam cara masing-masing.

Nama Foke di sarankan oleh google ke Ahok bukan sebuah kebetulan, google sudah membaca bahwa nama Foke tidak relevan, disini Foke hanya sebagai “bridge” menuju Ahok yang sudah stabil terindeks di google sebelumnya.

Anies Baswedan hanya menyempurnakan kerja google.

Jika dari anda yang masih bilang cara ini cara licik, hey you! welcome to 2016, dimana awkarin lebih terkenal ketimbang Cut Nyak Dien!

Advertisements
About

Tukang Ngopi. “Kemampuan membaca itu sebuah rahmat. Kegemaran membaca; sebuah kebahagiaan.” ― Goenawan Mohamad Sila baca blog saya yang lain di http://srimayainvestment.blogspot.com

Tagged with:
Posted in Politik, Teknologi
3 comments on “Indeks Google Soal Ahok dan Melihat Cara Kerja “Click Farm”
  1. Wow, berita politik bisa jadi trik untuk para blogger, :v

    Liked by 1 person

  2. […] Ahok cukup berbicara soal kinerja, kerja dan kerja. Anies Baswedan sudah melakukan sekali blunder, dengan berucap sungai bersih karena Foke, yang dibantah langsung oleh google (baca tulisan saya disini). […]

    Like

  3. Polly1979 says:

    Hello admin, do you monetize your website ? There is easy method to
    earn decent money every month, just search on youtube – How to earn with wordai 4

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow laptop paijo on WordPress.com

Jangan lupa masukkan email anda disini ya

Arsip Tulisan
KURUSETRA

and the Bharatayuda within

The Second Avenue

Indonesia Street Photography

Shoot New York City Blog

Photo Tours & Street Photography Workshops

John Wreford Photographer

Words and Pictures from the Middle East & Balkans

Cerita Motivasi - Kumpulan Kisah Inspirasi Terbaik

Kumpulan cerita motivasi, kisah inspiratif, cerita bijak, kisah teladan. Bisa dijadikan renungan agar kehidupan menjadi lebih baik.

Ruang Baca

saya tak memiliki apapun, tak juga surga, tak juga neraka

khsblog :-D

Tulis, Telas dan Tulus...

Daun Woka

Berlarilah Mengejar Mimpi namun jangan sekali-kali berlari terlalu jauh dari sejarah

GAYOTAKENGON

Budaya kopi...Kopi budaya... heal and real..

Lazione Budy

'Saoirse' is not a word, it's angel

Gorboman Running

Mengulas hobi secara jujur dari sudut pandang orang awam.

George Lakoff

George Lakoff has retired as Distinguished Professor of Cognitive Science and Linguistics at the University of California at Berkeley. He is now Director of the Center for the Neural Mind & Society (cnms.berkeley.edu).

Rottin' in Denmark

Is this gentleman bothering you?

Emanuel Setio Dewo

Mari berkarya

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

ngalor ngidul ketemu kiblat

Berjumpa Hikmah dari Berbagai Arah (Sapi Betina 115)

leniaini blog

between thoughts and memories